Rekomendasi Aplikasi Translate Aksara Jawa Terbaik

Indonesia dikenal memiliki banyak suku dan budaya, salah satunya adalah jawa. Suku terkenal akan keramahtamahan dan sosial yang tinggi. Selain itu, bahasanya juga unik, termasuk aksara jawa yang tidak banyak orang mengetahui artinya.

Bagi kamu yang tertarik mempelajari tulisan jawa, saat ini banyak tersedia aplikasi yang mendukung. Cara translate aksara jawa dengan aplikasi pun membuatnya semakin mudah. Pasalnya, kamu tidak perlu menghafal satu per satu aksara yang mungkin membuat pusing.

Aksara jawa dianggap sangat sulit karena bukan termasuk huruf alfabet. Membacanya saja susah, apalagi menerjemahkannya. Jika dimisalkan negara Jepang, maka aksara jawa bisa disamakan dengan huruf kanji yang juga sama sulitnya.

Adanya aplikasi semakin mendukung dan memudahkan kita dalam memahami aksara tersebut. Bahkan sebagian aplikasi memiliki fitur upload foto, jadi kamu tidak perlu menulis manual. Bersumber dari www.tedieka.com, berikut beberapa aplikasi yang dimaksud!

Nulis Aksara

Aplikasi pertama yang perlu kamu coba adalah Nulis Aksara. Memang tidak mudah menggunakan aplikasi ini, karena kamu diharuskan menulis aksara jawa ketika pertama kali membukanya. Namun sebenarnya, aplikasi ini tetap mudah digunakan.

Aplikasi ini juga memberikan modul lengkap dari aksara jawa, mulai Ho No Co Ro Ko sampai akhir aksara. Menariknya lagi, kamu bisa belajar bahasa daerah lainnya, karena ada aksara Bali, Sunda, Lampung dan masih banyak lagi.

hana.rip – Teks ke aksara Jawa

Aplikasi translate aksara jawa terbaik lainnya yaitu hana.rip – Teks ke aksara Jawa. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu bisa digunakan untuk copy dan paste. Maksudnya, kamu tidak perlu mengetik manual aksara jawa yang ingin diketahui maknanya.

Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Office Open Source Terbaik

Bukan hanya itu saja yang menjadi keunggulannya, kamu juga bisa translate dalam bentuk gambar. Caranya sangat mudah, cukup upload gambar yang memiliki tulisan aksara, selanjutnya tinggal klik artikan. Maka artinya akan muncul pada kolom sebelahnya.

Aksara Jawa : Contekan Aksara Jawa

Aplikasi yang dianggap bagus yaitu yang memiliki modul bahasa supaya dapat dipelajari. Jadi sambil kamu translate, tidak ada salahnya menghafal aksara apa saja yang digunakan untuk membuat kata dan kalimat dalam bahasa jawa.

Semua fitur tersebut ada di aplikasi Aksara Jawa : Contekan Aksara Jawa. Ada beberapa kategori yang bisa dipilih sehingga proses belajar semakin mudah. Semua yang disediakan aplikasi ini gratis, namun tetap ada iklan yang sesekali muncul.

Nulis Jawa – Diono Software

Satu lagi aplikasi yang tidak boleh ditinggalkan adalah Nulis Jawa – Diono Software. Sesuai namanya, kamu bisa menulis manual dan mengartikan apa yang dimaksud dengan tulisan aksara jawa. Selain dapat mengubah huruf latin ke aksara, kamu juga bisa menggunakan sebaliknya.

Itulah beberapa aplikasi translate aksara jawa terbaik yang dapat kamu coba. Semua aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Selain itu, tidak pula perlu mendaftar dan login ketika menggunakannya.

Related posts